SOSIALISASI PEDULI PAJAK : Pajak Bertutur


Sosialisasi Peduli Pajak serentak di seluruh Indonesia oleh Direktorat Jenderal Pajak



PAJAK BERTUTUR 
di SMA Negeri 1 Klaten 


Jumat, 11 Agustus 2017
 
Acara yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Klaten ini berisi pengenalan pengetahuan pajak yang mendasar bagi siswa-siswi SMA. Pada event ini, Pak Aris Sutaka selaku perwakilan SMA Negeri 1 Klaten menerima piagam "Penghargaan Peduli Pajak" yang dianugrahkan oleh ketua KPP Pratama Klaten.
 
Acara inti :
  • Pajak adalah tentang keuangan negara. Pajak adalah pungutan masyarakat yang bersifat memaksa dan imbalannnya secara tidak langsung untuk membiayai rumah tangga negara, yang dibayarkan melalui Kantor Pajak. Masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya alam, namun sumber daya alam tsb tidak boleh dihabiskan. Negara mendapat penghasilannya dari pajak, dari hibah masyarakat dan penghasilan BUMN. 80% penghasilan negara adalah dari pajak.
  • Peduli Indonesia berarti peduli pajak. Dana-dana yang dialokasikan untuk berbagai bidang berasal dari pajak.

Kenapa harus peduli pajak?

  • Masih banyak permasalahan di Indonesia, antara lain : Banyak pengangguran, banyak yang menjadi TKI, masalah infrastruktur, terorisme, kemacetan, pendidikan di pelosok yang sulit, dan sebagainya.Masalah-masalah ini harus disadari karena merupakan langkah awal terciptanya kesadaran tertib membayar pajak.
Apa yang harus dilakukan?

  • Apabila negara kekurangan dana untuk urusan rumah tangganya, maka negara perlu mencari pinjaman luar negeri dan dalam negeri, menjual sumber daya alam, dan pemungutan pajak.


OLEH : Ahsana Rizky Mashura

Komentar

Postingan Populer